Manfaat sarapan pagi bagi tubuh

Manfaat sarapan pagi biasanya dianggap sepele oleh sebagian orang dengan 

manfaat sarapan pagialasan tidak sempat atau berbagai macam kesibukan lainnya. Mereka yang belum mengetahui betapa pentingnyamanfaat sarapan pagi akan menganggap bahwa sarapan pagi hanyalah sekedar mengkonsumsi makanan di pagi hari sebelum kita beraktifitas. Manfaat sarapan pagi yang bisa kita dapatkan itu sebenarnya sangat banyak. Hanya saja, sebagian besar orang tidak menyempatkan waktunya untuk sekedar makan di pagi hari dan merasakan manfaat sarapan pagi .

Manfaat sarapan pagi dengan penelitian

Manfaat sarapan pagi, banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat sarapan pagi sangat penting bagi tubuh kita. Antara lain bisa membantu mencukupi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menurunkan kadar kolesterol. Sarapan pagi juga dapat memelihara ketahanan, menjaga kekuatan stamina tubuh, membantu konsentrasi, koordinasi yang lebih baik anatar panca indera, serta mengurangi fatigue saat kita beraktivitas. Manfaat sarapan pagi lainnya bagi yang bermasalah dengan berat badan, sarapan pagi juga akan lebih dapat mengontrol berat badan karena sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi.

Manfaat sarapan pagi di tinjau dari segi kesehatan

Manfaat sarapan pagi, kita bisa merasakan tubuh sehat dan mengambil semua manfaat sarapan pagi dengan satu syarat, yaitu menu makanan yang kita makan adalah menu sarapan pagi yang sehat. Contoh menu untuk sarapan agar mendapatkan manfaat sarapan pagi adalah sereal tinggi serat namun rendah gula (kurang dari 10 gram per porsi), lalu tambahkan susu tanpa lemak dan buah pisang, berbagai jenis buah beri, atau potongan buah apel. Contoh lainnya, misalnya roti panggang yang terbuat dari bahan gandum, dan olesi dengan margarin yang bebas lemak atau selai rendah kolesterol. Contoh menu makanan yang membuat kita tidak bisa merasakan sempurnanya manfaat sarapan pagi adalah makanan yang terlalu banyak mengandung garam atau lemak, atau contohnya makanan cepat saji yang terlalu banyak mengandung semua zat kecuali serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat itu kita tidak akan pernah mendapatkan manfaat sarapan pagi seperti yang telah disebutkan di atas. Karena hanya akan kita dapatkan jika makanan yang kita konsumsi adalah menu yang sehat saat manfaat sarapan pagi.

 

Sumber : http://agen-gamat.com

 

 

nina.karlina♥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s