Kerajinan Tangan dari Kain Flanel


Cara pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel adalah sederhana dan mudah. Kain flanel memiliki tekstur yang lembut dan terdapat bermacam warna yang lengkap. Baik yang bernuansa soft maupun dark.

Kain flanel biasanya dipergunakan untuk membuat boneka, hiasan dinding maupun aplikasi baju dan selimut anak-anak. Kain flanel ini dapat pula Anda pergunakan untuk tirai pintu dan jendela yang berfungsi untuk menghias kamar anak.

Tirai Dari Kain Flanel

Pintu dan jendela kamar anak sangat pas dan cocok dihias dengan tirai yang terbuat dari kain flanel. Bentuk untaian tirai dapat berbagai macam bentuk sesuai keinginan anak. Tampilan tirai anak sangat menarik jika Anda bisa memadu padankan bentuk dan warna yang pas.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah kain flanel bermacam warna, gunting, jarum dan benang kasur serta beberapa manik-manik serta rel tirai jendela. Cara pembuatan kerajinan tangan berupa tirai dari kain flanel adalah dengan menyiapkan pola sesuai keinginan bisa berbentuk bunga, buah, daun, binatang, bintang, kupu-kupu dan lain sebagainya.

Gunting kain flanel menyerupai pola yang sudah Anda siapkan. Setelah Kain flanel digunting sesuai pola dengan berbagai warna, maka Anda dapat mulai merajut dengan benang kasur dengan memperhatikan keserasian warna serta tema.

Merangakai Tirai Jendela

Cara pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel ini memang mudah. Namun diperlukan kejelian dalam merangkai warna dan bentuk pola yang akan kita untai agar dapat terlihat cantik dan manis untuk dipandang.

Untaian yang Anda buat adalah sepanjang 1 – 1,5 meter yang kira-kira berisi antara sepuluh sampai dua belas biji pola. Dalam satu untaian Anda serasikan temanya misalnya tema bunga, maka untaiannya berisi pola bunga dan daun atau bunga dan kupu-kupu.

Anda untai sekitar 15 benang yang dapat menjadi satu tirai. Untaian demi untaian ini Anda rangkum menjadi satu dalam rel tirai yang dapat Anda beli meteran di toko. Sebagai pemberat agar untaian tirai dapat jatuh bagus, di bagian bawah untaian tirai, Anda sematkan satu atau dua buah manik-manik berwarna dengan bagian bawah benang Anda sisakan sekitar 5 cm agar tampak jatuh menjuntai.

 

Hasinya Maksimal

Cara pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel ini memang mudah dan sederhana. Namun dibutuhkan ketelatenan dalam membentuk kuntum untaian tirai dengan cara menguntingnya satu persatu. Pekerjaan ini yang memerlukan waktu lama.

Selan itu juga dalam proses merangkai untaian dibutuhkan rasa seni yang bagus, agar dapat memadu padankan pola yang Anda untai serta warna yang pas. Setelah jadi tirai maka Anda dapat melihat hasilnya yang bagus meskipun dikerjakan dengan cara sederhana.

Peluang Usaha

Tirai jendela dan pintu ini akan menambah tampilan kamar anak menjadi bagus dan ceria. Jika Anda melihat harga yang ditawarkan di toko kerajinan yang menyediakan kerajinan yang terbuat dari tangan ini memiliki harga yang lumayan mahal.

Dengan ketelatenan Anda, sebenarnya dapat membuatnya sebagai peluang usaha yang dapat ditekuni dengan membuatnya disela waktu senggang dirumah. Sehingga tidak ada salahnya Anda menularkan cara pembuatan kerajinan tangan dari kain flanel ini kepada teman lainnya.

nina.karlina♥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s